loading...
Sunday, October 29, 2017

Cara Menghilangkan Rasa Cemas Dan Takut Berlebihan

Dalam kehidupan sehari hari kita sering dilanda rasa cemas dan gelisah akibat tekanan hidup dan berbagai masalah yang dihadapi. Kadangkala ada pula orang yang dilanda kecemasan dan kekuatiran dengan penyebab yang tidak jelas dan tidak diketahui. Orang yang selalu ingat dan bertawakal pada Allah insya Allah tidak akan mengalami rasa cemas dan gelisah berlebihan dalam menghadapi berbagai masalah . Mereka yakin akan pertolongan dan lindungan Allah pada diri mereka. Mereka yakin dengan naungan dan lindungan Allah tidak ada satu kekuatanpun yang dapat mencelakai dan menghalahkan mereka.

Ayat tertentu yang dibaca berulang ulang dengan penuh keyakinan dapat menghilangkan rasa gelisah, cemas dan ketakutan yang berlebihan. Apalagi jika ayat itu ditadaburi dan diiringi dengan doa mohon perlindungan dan pertolongan dari Allah. Berikut ini kami sampaikan beberapa ayat Qur’an yang dapat menghilangkan rasa takut, cemas dan gelisah yang berlebihan .

https://abusigli.blogspot.com/2017/10/cara-menghilangkan-rasa-cemas-dan-takut.html

Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal.” (At Taubah 51

Bacaan Tadabbur:

Ya Allah , telah Kau ingatkan dalam Qur’anMu yang agung bahwa tidak akan menimpa kami sesuatu melainkan apa yang telah Kau tetapkan dan takdirkan bagi kami. Engkaulah pelindung kami, dan hanya pada Engkaulah kami bertawakkal dan berserah diri.

Ya Allah tetapkan bagi kami berbagai keberuntungan dan kebaikan dari sisiMu, jangan Kau tetapkan bagi kami berbagai bencana dan kesulitan. Ya Allah apa saja kebaikan yang telah Kau tetapkan bagi kami tidak ada satu kekuatanpun yang dapat menghalanginya. Ya Allah kami berlindung dengan takdir dan kehendakMu dari berbagai bahaya dan kejahatan sekalian mahlukMu yang ada dilangit dan bumi. Engkaulah pelindung kami, hanya padaMulah kami bertawakkal dan berserah diri. Perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah Engkaulah sebaik baik yang memperkenankan doa

Dengan membaca atau mendengarkan surat At taubah 51 beserta tadabburnya diatas diharapkan akan muncul suatu keyakinan bahwa tidak akan menimpa dirinya suatu bencana atau kesulitan tanpa izin dan kehendak Allah. Dengan bersandar dan berserah diri pada Allah akan muncul rasa aman dan nyaman dalam hati orang tersebut. Ia yakin bahwa dirinya berada dalam naungan dan lindungan Allah.

1. ALI IMRAN 160

Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mu’min bertawakkal. (Ali Imran 160)

Bacaan Tadabbur:

Ya Allah, telah Kau ingatkan pada kami dalam Qur’anMu yang agung ,bahwa Jika Engkau menolong kami, tidak ada satu kekuatanpun yang dapat mengalahkan kami. Namun jika Engkau meninggalkan kami maka tidak ada yang bisa menolong kami selain Engkau. Ya Allah hanya pada Engkaulah kami bertawakal dan berserah diri.

Ya Allah tolong kami untuk memahami peringatanMu ini , bahwa jika Engkau menolong kami , maka tidak ada satu kekuatanpun yang dapat mengalahkan kami. Jika Engkau meninggalkan kami, tidak ada tempat kami berlindung selain Engkau.

Ya Allah tanamkan didalam hati kami keyakinan bahwa jika Engkau menolong kami maka tidak ada satu kekuatanpun yang dapat mengalahkan kami. Tolong kami mengatasi berbagai masalah yang hadir dihadapan kami , tolong kami mengalahkan musuh musuh kami. Engkaulah pelindung kami, hanya kepada engkaulah kami bertawakkal dan berserah diri. Perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah, engkaulah sebaik baik yang memperkenankan doa.

Dengan membaca dan mendengarkan surat Ali Imran ayat 160 ini serta mentadabburinya akan muncul keyakinan dalam diri seseorang bahwa jika Allah menolongnya , maka tidak ada satu kekuatanpun yang dapat mengalahkannya. Keyakinan ini akan menghilangkan rasa cemas, kuatir dan was was terhadap ancaman yang datang dari mana saja. Ia yakin dalam naungan dan lindungan Allah tidak ada satu kekuatanpun yang dapat mencelakainya. Ia yakin dengan pertolongan Allah ia bisa mengatasi berbagai masalah yang hadir dihadapannya. Ia yakin bersama Allah tidak ada masalah yang tidak bisa diatasi.

1. AL ANFAL 9-10

9. (Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: “Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut”.

10. Dan Allah tidak menjadikannya (mengirim bala bantuan itu), melainkan sebagai kabar gembira dan agar hatimu menjadi tenteram karenanya. Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Al Anfal 9-10)

Bacaan Tadabbur

Ya Allah telah Kau ingatkan pada kami dalam Qur’anMu yang agung bahwa tatkala kami memohon pertolongan padaMu kemudian Engkau memperkenankannya, sesungguhnya Engkau akan mendatangkan bala bantuan pada kami dengan 1000 malaikat yang datang secara berturut turut. Engkau tidak mendatangkan bantuan ini melainkan sebagai kabar gembira bagi kami dan untuk menentramkan hati kami dengannya. Sesungguhnya kemenangan itu hanyalah datang dari sisiMu. Engkau maha perkasa lagi maha bijaksana.

Ya Allah tolong kami mengalahkan musuh kami dan mengatasi berbagai masalah yang hadir dihadapi kami dengan bantuan tentara malaikatMu yang datang dari segala penjuru langit dan bumi. Ya Allah gembirakan dan tentramkan hati kami dengan pertolongan tentara malaikat Mu itu. Ya Allah beri kami kemenangan yang nyata dari sisiMu, tiadalah kemenangan itu melainkan dengan izin dan kehedakMu Engkau maha perkasa dan maha bijaksana. Perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah. Engkaulah sebaik baik yang memperkenankan doa.

Dengan membaca dan mendengarkan surat al Anfal 9-10 ini secara berulang ulang dan mentaburinya , diharapkan akan muncul keyakinan bahwa Allah akan mengirim 1000 malaikat yang datang dari segala penjuru langit dan bumi untuk memberi pertolongan mengatasi berbagai masalah yang sedang dihadapi. Keyakinan ini akan menimbulkan rasa aman, nyaman dan tentram didalam hati orang yang bersangkutan. Ia yakin bahwa ia tidak berjuan sendiri dalam mengatasi masalahnya, tapi ada ribuan Malaikat disekelilingnya yang selalu siap memberi pertolongan dan bantuan baginya.

Untuk menghilangkan rasa cemas, gelisah dan takut yang berlebihan dengarkan bacaan dan tadabbur ketiga ayat diatas secara rutin setiap hari. Usahakan menghayati ketiga ayat tersebut. Baca dengan diselingi pembacaan istigfar “ Astaghfirullah rabbal baroyya…(aku mohon ampun pada tuhan manusia) …Astaghfirullah minal ghothoyya..(aku mohon ampun dari segala dosa),Amiin ya Rabbal Alamiin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghilangkan Rasa Cemas Dan Takut Berlebihan

0 comments:

Post a Comment