loading...
Wednesday, July 5, 2017

Siksaan Neraka Paling Berat

Siksaan neraka paling berat,Nama neraka yang paling ringan siksaannya,Hadits tentang siksa neraka yang paling ringan,Siksa neraka paling kejam,Neraka jahim yaitu neraka yang,Pedih nya siksa kubur,Siksa neraka bagi wanita.Tingkatan Neraka.

Siapa Golongan Orang yang di tempatkan di Neraka paling Bawah atau yang paling berat Siksanya di Neraka:

Dari Ibnu Mas’ud ra bertanya : “Siapa penghuni neraka yg paling berat siksanya ?”, mereka menjawab : Yahudi, Nasrani dan Majusi. Namun Ibnu Mas’ud menyangkal : “Bukan”, Yang paling berat siksanya di neraka adalah orang Munafik yang disiksa di tingkat paling bawah neraka dalam kotak-kotak dari api yg terkunci rapat dan tidak berpintu.”

Allah Swt berfirman:
“Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yg paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolong pun dari mereka” (QS. An-Nisa :145)

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw Bersabda:

“Seburuk- buruk manusia adalah orang yang bermuka dua atau munafik, ia datang di golongan orang-orang yang sini dengan muka yg satunya, dan datang kepada golongan orang-orang yang sana dengan muka yang lainnya.” (HR. Bukhari-Muslim, Mutafaq’alaih)

Dari Ibnu Umar ra, Rasulullah Saw bersabda:
“Orang Munafik itu bagaikan seekor kambing diantara dua kambing yang bingung untuk menentukan mana yg harus diikuti, terkadang mengikuti yang ini dan terkadang mengikuti yang itu.” (Shahih Muslim No.4990)

https://abusigli.blogspot.com/2017/07/siksaan-neraka-paling-berat.html

Dari Nu'man Bin Basyir ra: Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya seringan-ringan siksaan siksaan penghuni Neraka pada hari Qiamat ialah seseorang yang diletakkan di bawah dua telapak kakinya dua bara api neraka sehingga mendidih otak yang ada di kepalanya. (dari sebab panasnya kedua bara api neraka tersebut) Dia mengira bahwa tidak ada orang lain yang lebih dashyat siksaan daripadanya, padahal dialah orang yang paling ringan siksaannya”. (Hadist Riwayat Bukhari & Muslim)

Otak di kepala mendidih, sementara dia merasa tidak ada orang lain yang lebih dahsyat siksanya daripada dirinya. Oleh karena itu alangkah celakanya orang yang tidak takut kepada siksa Allah sehingga dia berani melakukan berbagai kejahatan.

Yang lebih parah lagi daripada siksa neraka adalah orang-orang kafir/musyrik disiksa di sana selama-lamanya. Ada pun orang Islam, jika berbuat kejahatan seperti zina, mencuri, mabuk, korupsi, dsb maka harus mampir dulu di neraka. Jangan anggap ringan. Sebab meski disiksa sehari di neraka, kita harus paham bahwa 1 hari di akhirat itu kadarnya sama dengan 50.000 tahun di bumi. :tempat penyiksaan itu kemudian banyak disebut orang dengan nama Jahannam. Jahannam itu memiliki 7 pintu, setiap pintu (tingkat), telah ditetapkan untuk golongan tertentu dari para makhluk-Nya. Pintu (tingkat) neraka yang disebutkan di dalam Al Qur'an adalah:

Hawiyah

Neraka yang diperuntukkan atas orang-orang yang ringan timbangan amalnya, yaitu mereka yang selama hidup didunia mengerjakan kebaikan bercampur dengan keburukan. Orang muslim laki dan perempuan yang tidak tanduknya tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, seperti para wanita muslim yang tidak menggunakan jilbab, bagi para lelaki muslim yang sering memakai sutra dan emas, mencari rejeki dengan cara tidak halal, memakan riba dan sebagainya, Hawiyah adalah sebagai tempat tinggalnya. Surah Al-Qari'ah.

Jahiim

Neraka sebagai tempat penyiksaan orang-orang musyrik atau orang yang menyekutukan Allah. Mereka akan disiksa oleh para sesembahan mereka. Dalam ajaran Islam syirik adalah sebagai salah satu dosa paling besar menurut Allah, karena syirik berarti menganggap bahwa ada makhluk yang lebih hebat dan berkuasa sehebat Allah dan bisa pula menganggap bahwa ada Tuhan selain Allah. Surah Asy-Syu'ara' dan Surah As-Saffat.

Saqar

Neraka untuk orang munafik, yaitu orang yang mendustakan perintah Allah dan rasul. Mereka mengetahui bahwa Allah sudah menentukan hukum Islam melalui lisan Muhammad, tetapi mereka meremehkan syariat Islam. Surah Al-Muddassir.

Lazhaa

Neraka yang disediakan untuk orang yang suka mengumpulkan harta, serakah dan menghina orang miskin. Bagi mereka yang tidak mau bersedekah, membayar zakat, atau bahkan memasang muka masam apabila ada orang miskin datang meminta bantuan. Surah Al-Ma’arij.

Huthamah

Neraka yang disediakan untuk orang yang gemar mengumpulkan harta berupa emas, perak atau platina, mereka yang serakah tidak mau mengeluarkan zakat harta dan menghina orang miskin. Di neraka ini harta yang mereka kumpulkan akan dibawa dan dibakar untuk diminumkan sebagai siksaan kepada manusia pengumpul harta. Surah Al-Humazah.

Sa'iir

Neraka yang diisi oleh orang-orang kafir dan orang yang memakan harta anak yatim. Surah Al-Ahzab, Surah An-Nisa', Surah Al-Fath dan Surah Luqman.

Wail

Neraka yang disediakan untuk para pengusaha atau pedagang yang licik, dengan cara mengurangi berat timbangan, mencalokan barang dagangan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat. Barang dagangan mereka akan dibakar dan dimasukkan kedalam perut mereka sebagai azab dosa-dosa mereka. Surah Al-Tatfif dan Surah At-Tur.Marilah bertaubat,Sebelum ajal Datang menjemput kita,dan banyak-banyaklah istigfar,jangan lupa hadirkan Allah swt dalam kehidupanmu,dan banyaklah ingat mati,hanya demikian.

Demikianlah Semoga bermanfaat untuk anda terimakasih sudah Membaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Siksaan Neraka Paling Berat

0 comments:

Post a Comment