loading...
Sabtu, 25 Februari 2017

Shalat Dhuha Dan Mamfaatnya

Shalat Dhuha merupakan shalat sunnah utk mem0h0n rizki dari Allah,shalatnya ditunaikan setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu zduhur,lebih bagus pada waktu matahari sedang naik (kira-kira jam 9) atas dasar hadits Rasulullah:”Allah Ta'ala berfirman:''Wahay anak Adaam,janganlah sekali2 kamu malas menunaikan 4 rakaat pada masa permulaan siang (Shalat Dhuha) niscahaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhan-mu pada akhir hari-nya “ (HR. Hakim dan Thabrani).

Shalat Dhuha Dan Mamfaatnya

http://abusigli.blogspot.com/2017/02/shalat-dhuha-dan-mamfaatnya.html
Shalat Dhuha adalah wujud rasa syukur kita kepada Allah Swt. atas nikmat sehat setiap sendi didalam tubuh kita.Rasulullah Saw bersabda : di setiap sendi didalam tubuh kita jumlahnya 360 ruas setiap hari-nya harus diberikan sedekah sebagai makanan-nya,“Pada setiap manusia diciptakan 360 persendian dan seharusnya orang yg bersangkutan (pemilik sendi) bersedekah utk setiap sendinya.”Kemudian,sebagian sahabat bertanya, “Ya Rasulullah Saw.,siapa yg sanggup menunaikannya? ”Rasulullah Saw.menegaskan,“Membersihkan kotoran yg ada di masjid atau menyingkirkan sesuatu (yg bisa mencelakakan orang) dari jalan raya,bila dia tiada mampu maka sholat Dzuha 2 rakaat bisa menggantikann-nya. ” (Hadis. R. Ahkmad dan Abu Dawud) Shalat sunnah Lainnya : Shalat sunnah Ba'diyah jum'at
Shalat Dhuha adalah wahana permohonan kita akan rahmat dan nikmatnya Allah Swt. sepanjang hari yg akan kita lalui,berwujud nikmat fisik maupun materinya.Lebih dari itu,momen shalat Dhuha merupakan saat kita mengisi lagi semangat hidup.Kita memohon moga hari yg akan kita lalui jadi hari yg lebih baik di hari kemaren.
Shalat Dzuha merupakan sebagai pelindung kita utk menangkal azab api neraka di hari balasannya (di hari kiamat) nanti.Hal tersebut diterangkan Nabi Saw. didalam haditsnya. “Barangsiapa menunaikan shalat Fajar,Lalu dia terus duduk di tempat shalatnya sambiln berdzikir sampai matahari terbit dan lalu dia melakukan shalat Dzuha banyaknya 2 raka'at,nischaaya Allah Ta'ala. mengharomkaan api nuraka utk menyentuhnya atau membakarkan badannya. ” (Hadis. R. Al'Boyhaqi).
Bagi seseorang yg merutinkan shalat Dzuha,niscahaya Allah membalasnya dengan balasan syurga. Rasulullah Saw.bersabda:“Di dalam syurga ada pintu yg bernama Bab Adh-Dhuha (Pintu Dhuha) dan pada hari kiamat kedepannya ada yg akan memanggil, ‘Dimana orang yg selalu menunaikkan shalat Dhuha? Ini pintumu,masuk-lah dengan kasih sayangNYa Allah. ’” (Hadis. R. Ath-Tabranii)
Pahalanya shalat Dhuha merupakan setara dengan pahala ibadah hajji dan umrah. “Darinya Abu Umamah ra.yakni Rasulullah dengan sabdaNYa : ''Barangsiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk menuaikkan shalat wajib,maka pahala-nya seperti seorang yg menunaikkan hajji. Barangsiapa yg keluar utk melakukan shalat Dzuha,maka pahala-nya seperti orang yg menunaikan umroh. ’” (Shahih Al. Targhib : 673) dan di dalam sebuah hadits yg lain Nabi Saw.dengan sabdanya : ‘Barangsiapa yg menunaikan kan shalat Fajar (Shubuh) berjama'ah,lalu dia (sudah selesai) duduk mengingat Allah sampai terbit mataharinya,kemudian dia shalat dua rakaat (Dzuha),dia dapatkan pahalanya seperti fahala hajji dan umroh,sempurna,sempurna, sempurna. ’” (Shohih Al-Jami' : 6346),
Tercukupkan-nya kebutuhan hidupnya.Orang yg suka menunaikan shalat Dzuha dengan ikhlas karena Allah akan tercukupkan rizkinya.Hal tersebut diterang kan oleh nabi Saw. di dalam sebuah hadits qudsi darinya Abu Darda.Firman Allah : ''Wahai Anak Adaam,ruku'lah (sholatlah) karena aku pada awal siang (shalat Dhuha) empat rakaat,berikut aku akan mencukupi (kepentingan) mu hingga sore harinya. ” (Hadis. R. Tirmizi)
Memperolehkan ghanimah (keuntungan) yg besar.Diceritakan,nabi mengutuskan pasukan muslimin utk perang melawan musuhnya Allah.Atas kehendak Allah Ta'ala,peperangannya akhirnya menang dan pasukan itu mendapatkan harta rampasannya yg berlimpah ruah.Orang-orang pun ramai membicarakan singkatnya peperangan yg dimenangkan dan banyaknya harta rampasan perang yg di peroleh.Lalu Nabi Saw.menerangkan yg bahwa terdapat yg terlebih utama dan lebih baik dari mudahnya memperoleh kemenangan dan harta rampasan yg banyak yaitu shalat Dhuha. “Darinya Abdullah bin Amr bin Ashh katanya,Rasulullah Saw.mengirim pasukan perangnya.Lalu,pasukan itu mendapatkan harta rampasan perangnya yg banyak dan cepat kembalinya (dari medan tempur).Orang-orang pun (ramai) membicarakan cepat selesai-nya perang,dan banyaknya harta rampasannya,dan cepat kembali-nya mereka. Maka,Rasulullah Saw.bersabda : ''Maukah aku tunjukan pada kalian sesuatu yg lebih cepat dari selesai perang-nya,terlebih banyak (mendapatkan) harta rampasannya,dan cepatnya kembalinya (dari medan tempur)? (Yaitu) orang-orang yg berwudhuk lalu melangkah ke mesjid utk mengerjakan shalat sunnat Dzuha.Dialah yg lebih cepat selesai perang-nya,lebih banyak (memperoleh) harta rampasannya,dan khususnya cepat kembali-nya. ’” (Hadis. R. Ahkmad)
... Semoga tulisan Shalat Dhuha Dan Mamfaatnya dapat membuka pintu hati kita utk terus melaksanakan shalat sunnah dhuha,dan ada mamfaatnya sekian dan terima kasih atas partisipasi sodara-sodaraku semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Shalat Dhuha Dan Mamfaatnya

0 komentar:

Posting Komentar