loading...
Monday, December 14, 2015

Dalam Islam,Kedudukan Suami Lebih Tinggi Dari Pada Orang Tua Sang Istri

Dalam islam,seorang Muslimah yg telah menjadi istri,bakti pertama wajib diberikan kepada suaminya,setelah itu baru kepada orangtuanya. Aisyah r. a. pernah bertanya kepada rasulullah Saw., " Siapakah yg berhak terhadap seorang wanita? " Rasulullah menjawab, " Suaminya " (apabila sudah menikah). Aisyah r. a. bertanya lagi, " Siapakah yg berhak terhadap seorang laki-laki? " Rasulullah menjawab, " Ibunya " (HR Muslim).

http://abusigli.blogspot.com/2015/12/dalam-islamkedudukan-suami-lebih-tinggi.html


Berbeda dengan seorang suami,dia harus mendahulukan baktinya kepada orangtuanya lebih dulu. seorang sahabat, Jabir r. a. menceritakan,suatu hari datang seorang laki-laki kepada Rasulullah Saw.dan bertanya, " Ya Rasulullah,saya memiliki harta dan anak, lalu bagaimana jika bapak saya menginginkan (meminta) harta saya itu? " Rasulullah saw. menjawab, " Kamu dan harta kamu adalah milik ayahmu " (HR Ibnu Majah dan Thabrani).

Lebih jelasnya, seorang suami yg telah beristri dan memiliki anak,kewajiban berbakti kepada orangtuanya tetap harus diutamakan.Termasuk memenuhi kebutuhannya,merawat dan bergaul dengannya secara makruf.
Baca Juga:
  1. Meraih Surga-Nya,Inilah yang dilakukan pasangan suami istri 
  2. istri durhaka,usai salat ,suami disiram minyak kelapa panas
  3. perawatan rambut untuk wanita berhijab
  4. kisah kesufian muzaffar shah

Oleh karena itu, suami perlu menyampaikan kepada istri agar memahami kewajibannya tersebut.Istri yg baik tentu akan mendorong suaminya untuk melakukan perbuatan yg diprintah oleh Allah dan Rasul-Nya.Tidak perlu gusar jika suami juga menafkahi orangtua lantas rezeki istri berkurang.Sebaliknya,Allah pasti mengganti dengan rezeki dan pahala berlipat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dalam Islam,Kedudukan Suami Lebih Tinggi Dari Pada Orang Tua Sang Istri

0 comments:

Post a Comment